Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Pengungkapan kasus sindikat aplikasi pinjaman online ilegal (fintech)

kasus fintech

Pada Hari Kamis, tanggal 26 Agustus 2021 menemukan terlapor berteman 29 (dua puluh Sembilan) orang sedang melakukan kegiatan tindak pidana manipulasi dan mentransmisikan data nasabah pengguna aplikasi Fintech illegal DANA CERAH dimana seolah-olah nasabah tersebut sedang terjerat kasus hukum dan atau menawarkan layanan sex komersil serta menyebar luaskan data pribadi nasabah untuk kepentingan pengancaman dan penagihan hutang melalui media sosial tanpa sepengetahuan dan seijin pemilik data pribadi.

Penangkapan sindikat aplikasi pinjaman online ilegal (fintech)

Setelah di lakukan Penyelidikan pada tanggal 26 Agustus 2021 sekitar pukuk 15.00 wita di Kec. Rappocini Kota makasssar personil subdit 5 tipidsiber mengamankan 30 (tiga puluh) orang pelaku yang pada saat dilakukan pemeriksaan menguasai dan memiliki handphone serta laptop yang digunakan oleh pelaku untuk melakukan tindak Pidana Pengancaman / pemerasan dan manipulasi data dengan cara pelaku memanipulasi dan mentransmisikan data nasabah aplikasi pinjaman online ilegal (Fintech) ”DANA CERAH” dengan tujuan untuk melakukan pemerasan terhadap nasabah pengguna aplikasi.

kasus fintech

 

Pasal yang di persangkakan yaitu Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 27 ayat (4) dan atau Pasal 48 ayat (2) Jo Pasal 32 ayat (2) Undang-Undang RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment